Senin, 11 Juli 2011

Gebuk Kosta Rika, Argentina ke Delapan Besar

 Striker Timnas Argentina Sergio Aguero menyumbang dua gol saat melibas Kosta Rika 3-0 pada laga Grup A Copa America di Cordoba, 11 Juli 2011. AFP PHOTO/RODRIGO BUENDIA






Kali ini fans Argentina di Estadio Mario Alberto Kempes, Cordoba, bisa tersenyum ceria. Pada pertandingan pamungkas di Grup C, Argentina menunjukkan taringnya dengan mempecundangi Kosta Rika 3-0, Senin (11/7) malam waktu setempat atau Selasa pagi WIB.

Dengan hasil maksimal itu Argentina berhak menjaga peluang menjuarai Copa America setelah lolos ke babak perempat final. Argentina lolos dengan predikat runner-up dan akan berhadapan dengan runner-up Grup C. Kemenangan Albiceleste ditandai dengan mulai kembalinya performa apik Lionel Messi dan dua gol yang dipersembahkan Sergio ‘Kun’ Aguero.

Pelatih Timnas Argentina Sergio Batista melakukan empat perubahan dari skuat yang diturunkan dalam pertandingan terakhir. Fernando Gago, Angel Di Maria, Sergio Aguero, dan Gonzalo Higuain mendapat kesempatan bermain sejak menit pertama. Strategi ini memberi kesan bagus di awal pertandingan.

Serangan Argentina lebih terarah dan kerjasama di lini depan sudah terlihat walau belum bisa dikatakan maksimal. Tercatat hingga berjalan 12 menit Higuain menebar tiga ancaman namun tanpa penyelesaian sempurna. Messi yang melempem di dua partai perdana kali ini diberi kebebasan lebih turun ke belakang menjemput bola dan hasilnya mulai menunjukkan aksi individual.

Ancaman berarti pertama Argentina justru datang dari pemain belakang ketika sundulan Nicolas Burdisso membentur sudut tiang gawang di menit ke-22. Selang dua menit sepakan mendatar Higuain dari dalam kotak penalti mampu diblok kiper Kosta Rika Lionel Moreira. Serangan Argentina lebih gencar dan efektif.

Di injury time babak pertama pertahanan Kosta Rika jebol juga. Aguero membuat Argentina unggul 1-0. Ageuro tanpa kesulitan mengkonversi bola rebound tendangan Gago yang ditepis Moreira dengan kakinya. Skor 1-0 untuk tim Tango pun menutup babak pertama.

Kepercayaan anak-anak asuhan Batista tumbuh di babak kedua setelah berhasil memimpin lebih dulu. Permainan Messi pun lebih berkambang di peran barunya dan hal ini dipertegas dengan umpan terobosan yang matang untuk diselesaikan Aguero pada menit ke-52. Argentina 2, Kosta Rika 0.

Messi kembali menunjukkan visi tajamnya di menit ke-64. Kali ini assist-nya dieksekusi tanpa cela oleh Di Maria. Unggul 3-0, Argentina lebih tenang dalam memainkan tempo. Batista memanfaatkan keunggulan mutlak itu untuk memainkan dua gelandang muda Javier Pastore dan Lucas Biglia.

Sayang Messi belum bisa membuka perbendaharaan golnya di kejuaraan ini. Ezequiel Lavezzi yang justru masuk menggantikan Aguero nyaris menjebol gawang pada sentuhan keduanya. Tetapi bola sepakannya hanya membentur tiang jauh. Hingga peluit akhir dibunyikan wasit asal Peru, Victor Rivera, kedudukan tetap 3-0 untuk tuan rumah. Buat Kosta Rika, hasil ini membuat mereka harus menunggu hasil di dua grup lainnya untuk merengkuh satu dari dua tiket tersedia sebagai peringkat tiga terbaik.(DIM)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Mengenai Saya

Blogroll

Hukum dan Keadilan

Hukum dan Keadilan
Hukum Rimba tetap Berlaku

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More